KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDRAL PERKEBUNAN

DIREKTORAT TANAMAN TAHUNAN DAN PENYEGAR

27/04/2018 - 04:00 AM

PERTEMUAN FGD PENGEMBANGAN KELAPA NASIONAL MENGEMBALIKAN KEJAYAAN KELAPA 2017

Di Publish Pada : 21/11/2017 | Kategori : Perkebunan

Pertemuan FGD Pengembangan Kelapa Nasional dilaksanakan di Hotel Permata Bogor pada hari Selasa, tanggal 21 November 2017 dibuka oleh Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar dan dihadiri 60 orang peserta dari berbagai unsur antara lain : perwakilan Eselon II lingkup Direktorat Jenderal Perkebunan, perwakilan Dinas yang membidangi perkebunan Provinsi Sentra Kelapa, Asosiasi Petani Kelapa Indonesia (APKI) Kelapa Kopyor, Penangkar , DEKINDO,, DPN HKTI dan Eselon III lingkup Direktorat Tanaman Tahunan dan Penyegar. Adapun tujuan FGD untuk mendapatkan masukan saran, solusi yang konstruktip dari peserta pertemuan dan dapat di implementasikan di lapangan untuk bahan masukan penyusunan kebijakan permasalahn yang dihadapi kelapa saat ini yaitu; areal dan produksi kelapa nasional mengalami penurunan.

Diperlukan upaya percepatan pengembangan kegiatan pertanaman kelapa (extensifikasi dan peremajaan) penyediaan kelapa tua/rusak seluas 500.000 ha dan perluasan kelapa di lahan kakao seluas 1,7 Ha sebagai tanaman penaung dan mendorong pengembangan industri kelapa secara integrasi supaya lebih efisien. Penyediaan benih tidak hanya dilakukan secara konvensional akan tetapi dimungkinkan dengan metode kultur jaringan merupakan sebuah keharusan. Untuk kegiatan tahun 2018 saat ini telah tersedia potensi benih sebanyak 5.307.500 batang diareal seluas 1,7 ha.

Seiring dengan permintaan kelapa dan produk turunannya semakin meningkat, maka pengembangan kelapa tidak terbatas hnya pada jenis kelapa dalam, tetapi juga untuk jenis jenis kelapa yang memiliki nilai ekonomis tinggi seperti kelapa genjah, kopyor, aromatik (pandan), kelapa hijau dan kelapa unggul lokal lainnya.

Dalam rangka pernyelamatan aset aset daerah dan peningkatan daya saing seperti jenis kelapa kopyor dan jenis kelapa dalam lainnya yang memiliki ciri khas dan spesifik (seperti kelapa dalam bido dan genjah) agar mempercepat proses Indikasi Geografis (IG).

Mendorong terbangunnya industri pengolahan kelapa terpadu yang efisien, efektif, berkesinambungan dan ramah lingkungan sehingga dapat membuka pasar lebih luas untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan pelaku usaha kelapa.


Agenda

  • 2017

    06

    May

    PENAS XIV

    Pekan Petani Nelayan Nasional XIV

  • 2017

    13

    Sep

    Lari Pagi

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectet...

  • 2017

    17

    Aug

    Apel Kemerdekaan

    Dilakukan pada Kamis, 17 Agustus 2017...

Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 43
Total pengunjung : 2245

Polling

Survey kepuasan website edit

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Kanpus Kementan, Gedung C Lt. 4, Jl. Harsono RM No.3, Ragunan - Jakarta Selatan 12550 - Indonesia
Telp. : (021) 7815682 ; Fax : (021) 7827903. Email : agusrosyid@pertanian.go.id